Jumat, 08 Maret 2013

Samar Anand says "Kurosawa ..."

Jab Tak Hai Jaan 2012

Masih ingat dengan adegan Jab Tak Hai Jaan (2012) yang diperankan oleh SRK dan dua gadis cantik, Anushka Sharma dan Katrina Kaif. Setiap adegannya perlu dipahami dengan menonton berulang kali dan serius. Film karya Yash Chopra ini sangat bermakna dan memiliki keunikan.

Adegan dimana Akira Rai (Anushka Sharma) dilarang oleh Samar Anand (SRK) untuk meliput semua kegiatannya di jembatan dan kemudian Samar memanggilnya dengan sebutan "Kurosawa ...".
Panggilan Samar itu bukan semata-mata memanggil nama Akira Rai yang mirip orang Jepang, tetapi nama Kurosawa adalah nama orang Jepang dan ia seorang sutradara film, penulis cerita film, produser, dan editor film-film Jepang.
Akira Kurosawa

Akira Kurosawa atau akrab dipanggil Kurosawa lahir pada 23 Maret 1910 di Shingawa, Tokyo - Jepang dan meninggal pada 6 September 1998 diusia 88 tahun. Kurosawa dikenal sebagai pembuat film Asia pertama yang sukses di Asia dan mengenalkan perfilman di dunia international. Ia juga dikenal sebagai sutradara klasik yang brilian. Karyanya diakui dunia internasional sejak 1952, kala itu di Calcutta mengadakan sebuah acara pertemuan para sineas dunia. Karya Kurosawa sangat disukai dan banyak menginspirasi sineas lainnya terutama di India. Sathyajit Ray mengidolakan cara kerja Kurosawa yang halus dan menghasilkan film terbaik kala itu. 

Dari Sathyajit Ray beberapa sineas India hingga kini banyak mempelajari beberapa cara kerja Kurosawa terutama dalam penggambilan gambar sebuah set film. Kurosawa dikenal sebagai sutradara klasik yang unik, bahkan cara memegang kamera film pun diilhami oleh Yash Chopra. Tak heran jika mengingat nama Akira, Yash Chopra teringat dengan Akira Kurosawa. Dan ia menyisipkan sebutan Kurosawa dalam naskah dialog Jab Tak Hai Jaan (SRK dan Anushka) di sebuah jembatan karena adegan itu menampilkan sosok Akira Rai yang sedang mengambil gambar untuk membuat film di Discovery Channel.

1 komentar:

  1. menarik juga pembahasannya, gue baru selesai nonton ne film 2 hari lalu, thanks bro. kunjung balik yach

    http://kumpulankonsultasi.blogspot.com/

    BalasHapus