Kamis, 23 Agustus 2012

16 Fakta "Veer Zaara"


Lo Aa Gayi Lodi Ve, Aaha
Bana Lo Jodi Ve, Aaha
Kalayi Koi Yun Thamo Na Jave Chhodi Ve, Aaha
Na Jave Chhodi Ve
Jhooth Na Boli Ve, O Ho
Kuhar Na Toli Ve, O Ho
Jo Tune Khayi Thi Kasmein Ik Ik Todi Ve, O Ho
Ik Ik Todi Ve
( Lo Aa Gayi Lodi Ve, Aaha
Bana Lo Jodi Ve, O Ho )

Kisah cinta India - Pakistan karya Yash Chopra ini diinspirasi dari kenyataan bahwa kisah cinta dua negara yang berseteru itu tak pernah dapat bersatu. Menyedihkan, mengharukan, penuh pengorbanan, dan jika bukan Veer Pratap Singh tidak ada pria manapun yang sanggup menahan duka tersebut. Kisah ini diperankan oleh SRK dan Preity Zinta dengan menakjubkan dan mampu membawa emosi alam bawah sadar penonton. Meski kisah ini sebuah gambaran dari kenyataan, dibalik pembuatannya menyimpan 16 fakta, inilah faktanya:

1. Karakter Samiya Siddiqui terinspirasi seorang aktivis dari Pakistan yang menjadi pengacara terkenal di negaranya bernama Asma Jehangir.

2. Amitabh Bachchan menyarankan penyanyi Gurdas Mann kepada Yash Chopra untuk menyanyikan "Lodi" menurut AB suara Mann sangat cocok dengan dirinya.

3. Veer Zaara dibuat dengan setting jauh dari image modern dan kebarat-baratan. YC menginginkan musik yang mengiringi film ini mencerminkan situasi Veer Zaara. Jenis musik klasik dengan irama kuat dan musik akustik yang ringan dan merdu. YC memilih beberapa koleksi dari Madan Mohan yang berjumlah ratusan lagu itu. Hanya 35 lagu yang menjadi pilihan YC. Dibantu oleh Aditya Chopra maka terpilihlah 11 lagu untuk Veer Zaara.

4. Awalnya YC akan memberi judul film ini "Yeh Kahan Aa Gaye Hum" namun judul ini tak cocok untuk filmnya. Ia sangat menyukai nama Yeh Kaha Aa Gaye Hum dari film Silsila - Amitabh Bachchan. Ketika film ini sampai pada seleksi badan sensor perfilman India, YC menyebutkan film itu berjudul Veer Zaara. Menganbil dari para tokohnya. Meski urung menjadi judul film, YC menempatkan nama ini pada sebuah lagu di Veer Zaara, "Yeh Hum Aa Gaye Yeh Kahaan".

5. Perseteruan antara Pakistan - India tak membuat surut para pecinta film Bollywood di negara itu untuk menonton Veer Zaara. Perjalanan antara bus antara Amritsar dan Lahore sebelumnya tidak pernah ada. Tampaknya setelah menonton film ini para biro perjalanan memberikan layanan yang serupa. Mereka membuka layanan Amritsar - Lahore padda 20 Januari 2006 setelah setahun Veer Zaara rilis.

6. Peran Samiya Siddiqui awalnya untuk Aishwarya Rai Bachchan, namun permintaan YC tak berhasil.

7. Anuphan Kher dan Kirron Kher satu film di Veer Zaara, namun pasangan suami istri ini tidak dalam satu frame.

8. Hrithik Roshan pun mengidolakan Veer Zaara, mengingat dia dan istrinya memiliki kesamaan kisah cinta namun tidak tragis seperti Veer.

9. Nomor tahanan Veer adalah 786, angka ini diyakini sebagai angka baik dalam al-quran. Dalam al-quran ayat pertama menandakan Bismillah Ar Rahman Ar Rahim.

10. Karan Johar merancang semua kostum Shah Rukh Khan.

11. Adegan dalam penjara dilakukan dalam satu hari. Dalam adegan ini SRK memakai wig untuk menandakan usia Veer yang tua.

12. Lagu "Aisa Des Hai Mera" diambil dari lagu Naya Daur berjudul "Yeh Des Hai Veer Jawaano Ka".

13. Yash Chopra memilih Preity Zinta karena sifat Preity yang tomboy, manja, dan kebarat-baratan.

14. Anil Mehta yang bertugas mempercantik tampilan film sengaja memberikan efek warna sepia. Hal ini bertujuan mengenang masa lalu dan memberikan nuansa oldies. Ide Anil Mehta ini kemudian ditiru beberapa sinematografi lainnya.

15. Maati [Hema Malini] menyebut Veer dengan Veeru. Ia melakukannya karena ia teringat aktingnya dalam Sholay bersama suaminya dimana saat itu Hema Malini menyebutnya dengan Veeru.

16. SRK dan Preity Zinta berpasangan dalam beberapa film sebelumnya, namun di film ini mereka adalah pasangan yang paling cocok.

5 komentar:

  1. bagus ya filmnya?, hehe.. :)

    BalasHapus
  2. Sediiiiihhhh...!!!

    BalasHapus
  3. barusan td saya nonton di MNCTV,,sumpah film ini berhasil membuat saya menangis,

    BalasHapus
  4. Film yang sangat bagus dan menguras air mata. Thank you so much
    Yash copra, SRK, preitty zinta.

    BalasHapus
  5. Aku mau nangis. Btapa kejamnya manusia. Apa film ini kisah nyata ya?? πŸ₯ΊπŸ˜­πŸ˜­

    BalasHapus